Analisis Metode STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Aqua

Image

Aqua merupakan salah satu brand produk air mineral kemasan yang telah melekat dihati konsumen Indonesia. Produk air mineral ini diproduksi oleh PT. AQUA Golden Missisipi.  PT. AQUA Golden Mississippi sendiri telah didirikan sejak tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo. Pabrik pertama Aqua dirikan di Bekasi. Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia. Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia. Langkah inilah yang membuat brand produk Aqua menjadi sangat terkenal oleh semua kalangan baik balita maupun sampai manula di kawasan Indonesia. Sehingga pada postingan ini saya akan memaparkan metode yang digunakan oleh PT. Aqua Golden Missisipi ini dalam menjamah seluruh permintaan dalam negeri akan produk air mineral kemasan dan juga menjadi market leader dalam bidang pemasaran dari pandangan konsumen.

Hal pertama yang akan dibahas ialah faktor Segmentasi Pasar yang dilakukan PT. Aqua Golden Missisipi. Segmentasi pasar pun terbagi menjadi beberapa kategori yang antara lain ialah :

Segmentasi demografis : 

Segmentasi demografis yang dilakukan oleh PT. Aqua Golden Missisipi ditujukan bagi seluruh konsumen di segala usia, semua kalangan lapisan masyarakat baik dari menengah kebawah sampai menengah ke atas. 

Segmentasi Geografis :

Segmentasi geografis yang dilakukan oleh PT. Aqua Golden Missisipi ditujukan bagi semua kalangan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia.

Segmentasi Psikografis :

Segmentasi psikografis yang dilakukan oleh PT. Aqua Golden Missisipi menyatakan bahwa produk air mineral kemasan ini ditujukan bagi semua kalangan di Indonesia yang peduli terhadap kesehatan. Jika dilihat dari segi perilaku konsumen, konsumen produk Aqua ini cenderung memiliki loyalitas terhadap brand produk Aqua karena telah percaya terhadap produk yang diproduksi oleh PT. Aqua Golden Missisipi ini.

Yang kedua adalah di pandang dari sisi Targeting. PT. Aqua memilih pasar potensial untuk produk air mineral ini bagi semua kalangan, semua profesi, semua usia diseluruh daerah di Indonesia yang peduli terhadap kesehatan.

Dari segi positioning atau penempatan produk Aqua di pasar, PT. Aqua Golden Missisipi ini dikenal sebagai market leader di bidang produk air mineral kemasan. Hal ini dikarenakan bahwa PT. Aqua Golden Missisipi ini merupakan pelopor pertama produk air mineral dalam kemasan di Indonesai sejak tahun 1973 sampai sekarang.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s